بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk setiap pertanyaan!
1. Berikut ini yang bukan termasuk contoh perilaku persaudaraan dalam Islam adalah ....
(A) Menolong teman yang sedang kesusahan.
(B) Menghormati orang tua dan guru.
(C) Membicarakan keburukan orang lain.
(D) Berbagi makanan dengan teman.
2. Persaudaraan dalam Islam disebut juga dengan ....
(A) Ukhuwah Islamiyah
(B) Ukhuwah Wathaniyah
(C) Ukhuwah Basyariyah
(D) Ukhuwah Insaniyah
3. Berikut ini yang termasuk contoh penerapan Ukhuwah Wathaniyah adalah ....
(A) Menolong korban bencana alam di negara lain.
(B) Mengibarkan bendera Merah Putih dengan penuh semangat.
(C) Mempelajari bahasa asing.
(D) Berteman dengan orang dari negara lain.
4. Sikap yang harus kita hindari dalam berteman tanpa membedakan agama dan latar belakang adalah ....
(A) Saling menghormati dan menghargai perbedaan.
(B) Mencela dan mengejek keyakinan orang lain.
(C) Berprasangka buruk terhadap orang lain.
(D) Membuka diri untuk belajar tentang budaya lain.
5. Berikut ini yang termasuk contoh perilaku berteman tanpa membedakan agama dan latar belakang adalah ....
(A) Bermain bersama dengan teman yang berbeda agama.
(B) Mengolok-olok teman yang berbeda suku bangsa.
(C) Menolak berteman dengan orang yang berbeda agama.
(D) Membohongi teman untuk mendapatkan keuntungan.
6. Manfaat dari berteman tanpa membedakan agama dan latar belakang adalah ....
(A) Memperluas wawasan dan pengetahuan.
(B) Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
(C) Menumbuhkan rasa toleransi dan saling pengertian.
(D) Semua jawaban benar.
7. Berikut ini yang bukan termasuk hikmah persaudaraan dalam Islam adalah ....
(A) Memperkuat tali persaudaraan antar sesama muslim.
(B) Memudahkan dalam mencapai tujuan bersama.
(C) Menumbuhkan rasa permusuhan dan perpecahan.
(D) Meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang.
8. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka seluruh anggota tubuh lainnya akan merasakan sakitnya dengan demam dan tidak bisa tidur." Hadits ini menunjukkan bahwa ....
(A) Persaudaraan dalam Islam sangatlah penting.
(B) Kita harus saling membantu dan menolong.
(C) Kita harus saling membenci dan memusuhi.
(D) Kita harus saling acuh tak acuh.
9. Berikut ini yang termasuk contoh sikap toleransi dalam berteman adalah ....
(A) Menghormati teman yang sedang beribadah.
(B) Mengganggu teman yang sedang belajar.
(C) Mencela keyakinan teman yang berbeda agama.
(D) Memaksakan kehendak kepada teman.
10. Sebagai seorang muslim, kita harus ....
(A) Memilih teman yang seagama dengan kita.
(B) Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan agama dan latar belakang.
(C) Memusuhi orang-orang yang berbeda agama dengan kita.
(D) Menghina orang-orang yang berbeda suku bangsa dengan kita.
Di sebuah sekolah dasar, terdapat dua orang siswa bernama Budi dan Ani. Budi adalah seorang muslim, sedangkan Ani adalah seorang non-muslim. Mereka berdua bersahabat baik dan selalu saling membantu.
11. Pada suatu hari, Ani bersedih karena tidak bisa mengikuti pelajaran agama Islam. Budi kemudian menawarkan diri untuk membantu Ani mempelajari materi pelajaran tersebut. Sikap Budi menunjukkan nilai ....
(A) Ukhuwah Islamiyah
(B) Ukhuwah Wathaniyah
(C) Ukhuwah Basyariyah
(D) Ukhuwah Insaniyah
12. Saat jam istirahat, Budi dan Ani bersama-sama makan siang. Budi membawa bekal nasi goreng, sedangkan Ani membawa bekal roti. Mereka berdua memutuskan untuk berbagi bekal dan makan bersama. Sikap Budi dan Ani menunjukkan nilai ....
(A) Toleransi
(B) Saling menghormati
(C) Peduli terhadap sesama
(D) Semua jawaban benar
13. Di sekolah, diadakan perlombaan antar kelas. Budi dan Ani terpilih untuk mewakili kelasnya masing-masing. Meskipun berbeda agama, mereka berdua saling mendukung dan menyemangati. Sikap Budi dan Ani menunjukkan nilai ....
(A) Persatuan dan kesatuan
(B) Sportivitas
(C) Kerjasama
(D) Semua jawaban benar
14. Pada suatu hari, Ani tidak masuk sekolah karena sakit. Budi kemudian menjenguk Ani di rumahnya. Sikap Budi menunjukkan nilai ....
(A) Empati
(B) Kepedulian
(C) Kasih sayang
(D) Semua jawaban benar
15. Budi dan Ani selalu menjaga persahabatan mereka dengan baik. Mereka saling menghormati perbedaan dan selalu membantu satu sama lain. Sikap Budi dan Ani dapat menjadi contoh bagi ....
(A) Semua siswa di sekolah
(B) Guru-guru di sekolah
(C) Orang tua di rumah
(D) Semua jawaban benar
Di sebuah desa, terdapat dua kelompok anak yang sering bermain bersama. Kelompok pertama terdiri dari anak-anak yang beragama Islam, sedangkan kelompok kedua terdiri dari anak-anak yang beragama non-muslim. Mereka semua bermain dengan rukun dan damai.
16. Pada suatu hari, kelompok anak-anak Islam mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Mereka mengundang kelompok anak-anak non-muslim untuk turut hadir dalam acara tersebut. Sikap kelompok anak-anak Islam menunjukkan nilai ....
(A) Toleransi
(B) Saling menghormati
(C) Peduli terhadap sesama
(D) Semua jawaban benar
17. Kelompok anak-anak non-muslim kemudian membalas undangan kelompok anak-anak Islam dengan mengadakan acara Natal bersama. Mereka semua saling berbagi makanan dan keceriaan. Sikap kelompok anak-anak non-muslim menunjukkan nilai ....
(A) Persatuan dan kesatuan
(B) Sportivitas
(C) Kerjasama
(D) Semua jawaban benar
18. Kedua kelompok anak-anak tersebut selalu menjaga kerukunan dan kedamaian di desa mereka. Mereka tidak pernah membeda-bedakan agama dan latar belakang dalam bermain dan bergaul. Sikap kedua kelompok anak-anak tersebut dapat menjadi contoh bagi ....
(A) Semua anak di desa
(B) Orang tua di desa
(C) Pemuka agama di desa
(D) Semua jawaban benar
19. Suatu hari, terjadilah perselisihan kecil antara dua orang anak dari kelompok yang berbeda. Namun, mereka segera menyelesaikan perselisihan tersebut dengan cara ....
(A) Bermusyawarah dan mencari solusi bersama
(B) Berkelahi dan saling memukul
(C) Menghina dan menjelekkan satu sama lain
(D) Melarang teman-temannya untuk bermain dengan mereka
20. Kedua kelompok anak-anak tersebut terus menjaga persahabatan mereka dengan baik. Mereka saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam suka dan duka. Sikap kedua kelompok anak-anak tersebut menunjukkan nilai ....
(A) Ukhuwah Islamiyah
(B) Ukhuwah Wathaniyah
(C) Ukhuwah Basyariyah
(D) Ukhuwah Insaniyah
21. Di kelasmu, ada teman yang berbeda agama dan mengajakmu bermain bersama. Apa sikapmu yang menunjukkan hikmah berteman tanpa membedakan agama?
(A) Menolak bermain karena berbeda agama.
(B) Bermain bersama dan menghormati keyakinannya.
(C) Meminta temanmu pindah agama agar bisa bermain.
(D) Mengadu ke guru karena dia berbeda agama.
22. Saat istirahat, kamu melihat temanmu yang berbeda agama sedang sedih sendirian. Sebagai teman yang baik, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
(A) Mengabaikannya karena dia berbeda agama.
(B) Mendekati dan menanyakan keadaannya dengan ramah.
(C) Mengejeknya dan bertanya kenapa dia sedih.
(D) Melaporkan kepada guru bahwa dia terlihat sedih.
23. Sekolahmu mengadakan pentas seni dan kamu terpilih untuk bernyanyi bersama teman yang berbeda agama. Apa yang kamu rasakan?
(A) Senang karena bisa tampil di depan banyak orang.
(B) Sedih karena harus bernyanyi dengan orang berbeda agama.
(C) Bingung dan tidak tahu harus bernyanyi lagu apa.
(D) Takut teman yang berbeda agama itu salah bernyanyi.
24. Temanmu yang berbeda agama sedang merayakan hari raya agamanya. Apa yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan sikap toleransi?
(A) Membiarkannya merayakan sendiri tanpa ikut memeriahkan.
(B) Menanyakan tentang hari raya tersebut dan mengucapkan selamat.
(C) Mengejeknya karena merayakan hari raya yang berbeda.
(D) Melarangnya merayakan hari raya tersebut di sekolah.
25. Kamu dan temanmu yang berbeda agama berjanji untuk saling membantu belajar. Apa manfaat yang kamu dapatkan dari persahabatan ini?
(A) Mendapatkan nilai bagus di sekolah saja.
(B) Belajar banyak hal baru dari temanmu.
(C) Bisa bermain bersama dengan lebih seru.
(D) Mendapat pujian dari guru karena rajin belajar.
Kunci Jawaban:
- C
- A
- B
- B
- A
- D
- C
- A
- A
- B
- D
- D
- D
- D
- D
- D
- D
- D
- A
- D
- B
- B
- A
- B
- B
Catatan:
- Soal-soal ini dirancang untuk menguji kemampuan berpikir kritis siswa (HOTS) terkait materi persaudaraan dalam Islam dan berteman tanpa membedakan agama dan latar belakang.
- Soal-soal ini dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam menerapkan nilai-nilai persaudaraan dalam Islam dan berteman tanpa membedakan agama dan latar belakang dalam kehidupan sehari-hari
- Soal-soal ini mendorong siswa berpikir kritis tentang penerapan hikmah berteman tanpa membedakan agama dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa akan memilih jawaban yang menunjukkan sikap toleransi, saling menghormati, dan memahami manfaat persahabatan lintas agama.
- Guru dapat memodifikasi soal dan jawaban sesuai dengan tema pembelajaran dan konteks di sekolah.